Press "Enter" to skip to content

Tempat Wisata Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi – Candi prambanan terdapat lebih kurang 17 km di segi timur kota yogyakarta serta ada di tepi jalan paling utama jogja-solo. Hingga bila anda berkendara dari jogja ke arah solo atau demikian sebaliknya, anda pastinya akan bisa lihat langung bangungan candi prambanan. Bangunan candi prambanan terbagi dalam 3 candi paling utama yakni wisnu, brahma serta shiwa melambangkan ajaran trimurti dalam keyakinan agama hindu. Candi siwa yang ada paling tengah yaitu yang tertinggi. Ada 4 buah ruang di dalamnya, satu ruang paling utama diisi arca siwa, sesaat 3 ruang yang lain semasing diisi arca agastya (guru siwa), durga (istri siwa), serta ganesha (putra siwa). Arca durga tersebut yang disebut-sebut sebagai arca roro jonggrang dalam legenda yang dikisahkan diatas.

penipuan airy rooms candi prambanan yang terbilang satu diantara candi hindu paling besar di indonesia serta populer dengan cerita legenda roro jonggrang ini di bangun pada era ke 9 masehi. Konon di jawa tengah ada dua kerajaan yakni, pengging serta baka. Pengging di pimpin oleh prabu damar maya yang mempunyai putra bernama raden bandung bondowoso yang gagah perkasa serta sakti. Sedang kerajaan baka di pimpin oleh raksasa bernama prabu baka serta mempunyai putri cantik bernama roro jonggrang.

Untuk memperluas kekuasaannya, prabu baka berupaya menaklukan kerjaan pegging. Namun dalam penyerangan itu prabu baka terbunuh oleh bandung bondowoso serta bahkan juga pada akhirnya kerajaan baka malah terserang balik serta bisa dikuasai oleh pasukan yang di pimpin oleh bandung bondowoso itu. Ketika pendudukan kerajaan baka, bandung bondowoso terpikat oleh kecantikan roro jonggrang serta menginginkan mempersuntingnya. Tetapi, roro jonggrang menampik lantaran ia tidak ingin menikah dengan orang yang sudah membunuh bapak kandungnya sendiri. Sesudah dibujuk bujuk olah bandung bondowoso, roro jonggrang juga menyepakati lamarannya dengan prasyarat ia minta dibangunkan seribu candi dalam kurun waktu satu malam.

Dengan kesaktiannya, bandung bondowoso juga bangun candi dengan pertolongan beberapa mahluk halus. Saat rara jonggrang mendengar berita kalau seribu candi telah nyaris selesai, sang putri berupaya menggagalkannya. Ia membangunkan beberapa dayang istana untuk mulai menumbuk padi. Ia juga memerintahkan supaya gundukan jerami dibakar di segi timur. Menduga kalau pagi sudah tiba, beberapa makhluk halus lari ketakutan. Mengakibatkan, cuma 999 candi yang sukses di bangun. Sesudah tahu kalau semuanya itu muslihat rara jonggrang, bandung bondowoso juga mengutuk roro jonggrang jadi batu. Sang putri beralih jadi arca terindah untuk menggenapi candi paling akhir.